6.07.2010

Koneksi WiFi BlackBerry dengan Windows 7

cara Koneksi WiFi BlackBerry dengan Windows 7Posting ini menjelaskan bagaimana cara koneksi WiFi pada device BlackBerry dengan Windows 7. Sebelum datangnya Windows 7, BlackBerry tidak bisa di-koneksi-kan dengan jaringan wireless ad hoc yang ada pada laptop atau desktop. Kita tidak bisa sharing koneksi internet dari laptop atau desktop ke BlackBerry. Dengan Windows 7 dan instalasi driver terbaru serta software tertentu, sekarang BlackBerry Anda bisa sharing koneksi internet dengan laptop atau desktop Anda.

Device BlackBerry yang saya gunakan adalah seri Bold 9000 dengan OS versi 5.0.0.464 (versi 5 service pack 1). Jika Anda menggunakan versi lain dan ternyata langsung bisa koneksi WiFi ke jaringan ad hoc yang ada pada laptop atau desktop Anda, berarti Anda tidak perlu meneruskan membaca posting ini.
Manfaatnya?

Sebentar, manfaatnya apa nih menggunakan koneksi internet dari laptop atau desktop? Bukannya kita bisa internet-an, Facebook-an, dan Twitter-an di BlackBerry tanpa perlu koneksi tambahan? Benar. Kita bisa melakukan semuanya itu dengan BlackBerry, tetapi ada batasannya. Anda perlu mengetahui batasan ini karena bisa berpengaruh ke billing handphone Anda. Jangan sampai asyik menggunakan aplikasi yang terkoneksi ke internet, tahu-tahu tagihan telepon jadi membengkak.
Billing

Layanan BlackBerry yang disediakan operator telepon seperti Telkomsel, Indosat, dan Excelcomindo, menerapkan batasan yang cukup jelas bahwa paket unlimited BlackBerry hanya berlaku terhadap aplikasi-aplikasi yang terbungkus dalam layanan BlackBerry. Misalnya, kita tidak bebas memakai browser selain BlackBerry browser. Demikian juga aplikasi yang dipakai juga terbatas pada aplikasi-aplikasi internal yang dibuat oleh BlackBerry dan aplikasi-aplikasi yang hanya memakai jaringan BIS. Di luar itu semua, Anda akan dikenakan tarif tambahan yang super mahal: untuk operator yang saya pakai, tarif yang dikenakan saat ini adalah Rp 5 per KB.

Di sisi lain, Anda mungkin merasa bahwa browser BlackBerry tidak sebagus browser Opera Mini. Twitter for BlackBerry (beta) tidak selengkap UbberTwitter. Dan mana nih Foursquare for BlackBerry buatan RIM? Untuk Foursquare Anda bisa mendownload aplikasinya dari Foursquare BlackBerry, tetapi untuk memakainya Anda memerlukan koneksi GPRS yang akan dikenakan biaya tambahan di luar biaya paket unlimited BlackBerry.
Speed

Alasan lain, Anda mungkin punya koneksi internet di laptop atau desktop yang super kencang. Sedangkan layanan BlackBerry dari operator Anda masih berjalan seperti siput. Jika Anda sedang berada di rumah dan kebetulan Anda menjadikan laptop atau desktop Anda sebagai access point WiFi, Anda bisa mendapatkan kecepatan koneksi internet laptop atau desktop Anda di BlackBerry.

Yeah, that’s nice! Terus bagaimana caranya?
Cara Koneksi

Pertama, Anda perlu menghidupkan wireless hotspot di Windows 7. Caranya silakan baca posting saya sebelumnya: Wireless Hotspot Murah dengan Windows 7. Dengan cara ini Anda menghidupkan akses wireless access point sehingga device seperti BlackBerry bisa terhubung ke wireless network menggunakan WiFi dan menggunakan koneksi internet yang di-share dari Windows 7.

Kedua, silakan lakukan Set Up Wi-Fi Network dari layar BlackBerry Anda. Lakukan scan secara otomatis. Wireless hotspot yang telah Anda setup pada langkah pertama seharusnya otomatis muncul dalam daftar network yang ditampilkan oleh BlackBerry Anda. Pilih dan lakukan koneksi ke network tersebut.

Ketiga, untuk meyakinkan bahwa koneksi internet telah dilakukan melalui WiFi, Anda boleh mematikan layanan Mobile Network pada BlackBerry Anda, lalu buka BlackBerry browser dan lakukan browsing internet dari sana. Walaupun layanan Mobile Network telah dimatikan, Anda akan tetap bisa browsing internet karena koneksi internet dilakukan melalui WiFi yang terhubung ke access point Windows 7 Anda.

Untuk memaksa browser Anda menggunakan wireless hotspot dan tidak menggunakan BlackBerry Internet Services, Anda bisa ke menu Options » Advanced Options » Browser, seperti terlihat dalam gambar di bawah ini:


Kemudian pada Default browser configuration, Anda pilih Hotspot Browser:

Setelah itu, lakukan browsing seperti biasa. Gambar berikut ini menunjukkan BlackBerry browser sedang membuka website ini menggunakan koneksi WiFi:

Done! Selamat mencoba!

Note: artikel ini cuma copy paste dari sini, bila ada yang protes posting ini akan dihapus..

Type your email here for subscribing this blog:

7 comments:

  1. Wuaduh.... saya ndak punya bebe....

    ReplyDelete
  2. Kapan nih saya nyoba yang gini ya? :D

    Sukses Mas Reza

    ReplyDelete
  3. belom punya BB Boss..saya save as dulu tips ya yach..

    ReplyDelete
  4. mas..saya sudah coba langkah diatas..tapi saat saya men-scan wifi melalui bb tidak terdeteksi..
    gimana solusinya.??
    terima kasih..

    ReplyDelete

Kalau kamu mau komentar tapi gak punya web, pilh aja bagian "Name/URL" trus di bagian name, tulis nama kamu. Di bagian URL, kamu kosongkan saja. Sebisa mungkin jangan pake anonim, karena bisa saja saya hapus.

Berkomentarlah "Sesuai Dengan Isi Posting". Terima kasih...