2.25.2010

Cara Install Ubuntu Di USB Drive

Karena saya kesulitan untuk install ubuntu dari wubi, saya mencoba untuk install ubuntu dengan menggunakan USB Flashdisk, hehe.. Berikut adalah cara menginstal Ubuntu pada USB drive dari Windows. Format USB anda tetap dengan partisi FAT32 dari Windows. Anda bisa mendapatkan ke format dialog dengan membuka My Computer dan mengklik mouse sebelah kanan ikon drive removable. Klik "Format" dan mengikuti pengaturan pada gambar di bawah ini. Anda perlu minimal USB dengan kapasitas 2GB.


Download UNetbootin. UNetbootin memungkinkan untuk instalasi berbagai Linux / Ubuntu distribusi ke sebuah partisi atau USB drive, jadi tidak berbeda dari instalasi standar, hanya saja tidak memerlukan CD. Anda tidak perlu menginstalnya ke Windows maka UNetbootin akan berjalan pada PC Windows Anda tanpa "admin" hak istimewa.



Versi baru Ubuntu tidak dalam daftar Distribusi disertakan oleeh UNetbootin, jadi gunakan file ISO ubuntu yang sudah anda download. Pilih ISO menggunakan "Diskimage", pastikan drive USB anda dipilih seperti di bawah ini dan klik OK.

ISO akan mentransfer ke USB cukup cepat, jadi sesaat setelah Anda mengklik OK, Anda akan melihat layar ini:



Itu saja - ketika proses instalasi selesai, restart komputer dan pastikan itu dibentuk untuk boot dari USB. Biasanya sih tinggal tekan F9, pada layar akan menunjukkan pilihan boot menu. Pemilih "USB Hard Drive" mengikuti layar hitam, logo Ubuntu, dan akhirnya, desktop Ubuntu Anda yang baru muncul.

Menyelesaikan instalasi Ubuntu Anda, Tahap demi Tahap

Instalasi Ubuntu adalah begitu mudah sehingga tidak memerlukan kemampuan khusus melewati tahap ini. Jika Anda telah berhasil memartisi ulang hard drive anda dan restart, Anda akan melalui beberapa langkah berikut:

Klik "install" pada desktop (kiri atas)



Pilih bahasa di layar selamat datang



Pilih lokasi Anda



Pilih layout keyboard Anda



Mengatur partisi disk anda. Ini mungkin yang paling "teknis" diantara tahap instalasi. Ketika saya menciutkan volume drive Windows Vista, saya tidak pernah memformatnya dengan partisi baru, yang berarti "use the largest continuous free space" pilihan bekerja dengan baik:



Pilih username dan password Anda:



Migrate Windows dokumen dan pengaturan



Anda sekarang siap untuk menginstal instalasi Ubuntu baru anda



Ketika instalasi telah selesai, restart komputer Anda (Anda akan diminta untuk menghapus cd rom atau USB drive). Anda sekarang siap untuk mulai menggunakan Ubuntu!

14 comments:

  1. Wah, terima kasih mas tutorialnya..

    ReplyDelete
  2. hehe.. saya ga tau Ubuntu nih, emang kelebihannya OS Ubuntu apa sob?

    ReplyDelete
  3. belum nyoba ubuntu bro..
    cd ubuntu saya malah ilang kemarin :((

    ReplyDelete
  4. wah, ternyata bisa ya instal ubuntu dlewat flashdisk. :D

    klo windows bisa juga gak?

    ReplyDelete
  5. sayang sekali mas Reza, saya ndak pake linux

    ReplyDelete
  6. Nice info gan, ane jd ngerti.. ^^

    ReplyDelete
  7. boss dowloadunebootin nya mana kok dishare sekali

    ReplyDelete
  8. gan itu hardisk komputer d format smua ga?

    ReplyDelete

Kalau kamu mau komentar tapi gak punya web, pilh aja bagian "Name/URL" trus di bagian name, tulis nama kamu. Di bagian URL, kamu kosongkan saja. Sebisa mungkin jangan pake anonim, karena bisa saja saya hapus.

Berkomentarlah "Sesuai Dengan Isi Posting". Terima kasih...