3.21.2010

Cara Mudah Bermain Gitar

Tidak semua orang bisa bermain gitar, tapi semua orang tentu bisa belajar cara untuk bermain gitar. Sayangnya di sini saya tidak akan mengajari anda cara untuk bermain gitar dengan mudah atau cara mudah untuk bermain gitar, tapi saya akan memberitau anda tips untuk bermain gitar supaya tidak terlihat seperti orang yang baru belajar main gitar, hehe... Mohon maaf buat semuanya yang udah kesasar di sini, tapi ini juga berguna kok tipsnya.. Jadi tenang aja. Berikut ini adalah tipsnya..

Jurus 1: Jangan Lupa Kunci (chord)

Kunci adalah nyawa dari permainan gitar. Tanpa kunci, meski kita tahu semua jurus ritem, dijamin kita tidak akan pernah tahu bunyinya seperti apa. Pelajarilah semua kunci dasar seperti C, D, E, F, (3, A, B) beserta semua bentuk minor dan #nya (kecuali untuk kunci B memakai bentuk Bb). Biasanya buku tentang kunci-kunci ini dijual bebas di pasaran. Satu tips yang patut diingat, sebenarnya bentuknya begitu-begitu saja. Jangan dibuat pusing dengan nama-nama yang berbeda. Contoh: bila kunci C digeser sejauh 2 fret akan menghasilkan kunci D, padahal bentuknya sama, hanya letaknya yang berbeda.

Jurus 2: Dua Teknik Dasar

PETIKAN: Ketika memetik gitar, tidak perlu membayangkan harus seperti lagu "KKEB"-nya Andre Hehanusa atau "Tears In Heaven"-nya Eric Clapton. Sebaliknya, petiklah dengan sederhana seperti 3 contoh berikut ini:

Perhatikan posisi jari: jari jempol untuk 3 senar bas, sedangkan 3 senar lainnya dipetik oleh 3 jari pada gamhar.
Penyederhanaan: jari jempol=1, jari telunjuk=2, jari tenguh=3 dan jari minis=4.
1. 1-2-3.4.3-2 dengan l berpindah-pindah bas
2. 1-2-3-4-2 dengan 34 dipetik bersamaan
3. 1.234 dengan 234 dipetik hersamaan sebanyak 3x.

Setelah Anda nmencoba ketiganya, GABUNGKAN SEMUA TEKNIK! Memainkan lagu apapun bukan impian lagi.

RITEM: Ini hal yang sebetulnya sederhana. Kalau pengamen jalanan saja tekniknya bagus, mengapa kita tidak? Alasan utama ketidak-mampuan ini adalah kurangnya latihan. Jika Anda sungguh serius, sisihkan waktu untuk melatihnya minimal 1 jam sehari. Latihan: Untuk ritem sederhananya dibagi menjadi ritem ke bawah dan ke atas. Untuk ke bawah= l dan ke atas=2.
1. 1-1-2-2-1
2. 1-2-2-1-2-2-1

Jurus 3. Jangan Lupa Bawa Buku Nyanyian

Sekarang buku lagu-lagu Praise & Worship yang lazim digunakan dan sudah banyak dijual bebas di pasaran. Biasanya apa yang tertera di buku-buku semacam ini sudah disederhanakan sehingga menyanyikannya pun mudah saja.

Jurus 4: Berlatih Running Chord Untuk Bermazmur

Sebelum kita bisa membawa orang lain agar mengalami saat yang indah dalam memuji & bermazmur bagi-Nya, kita harus mengalaminya terlebih dulu. Cobalah untuk berdiam diri dengan bermazmur bagi-Nya dengan menggunakan running chord 4/4 seperti misalnya (jika bermain di kunci C): C-F, C-AmDm-G, F-Em-Dm-G. Semakin sering dilantunkan, feeling Anda akan semakin terasah dan Anda akan terheran-heran melihat perkembangan skill Anda.

Jurus 5: Percaya Diri

Percaya diri! That's the best thing. Walau Anda banyak melakukan kesalahan (terutama biasanya salah kunci), lanjutkan saja dengan tertawa bersama teman-teman Anda. Dijamin, mereka semua pasti ikut tersenyum. Toh pada akhirnya, bukan permainan gitar/nyanyian kita yang diterima oleh-Nya, tapi kesungguhan hati kita.

Oleh: David Bloer
Majalah Get Life 13/2005

Sumber: http://gema.sabda.org/5_jurus_bermain_gitar

Sekali lagi maaf ya kalau ini bukan cara untuk bermain gitar dengan mudah atau cara mudah untuk bermain gitar, hehe





Type your email here for subscribing this blog:

9 comments:

  1. bener sob,gitar itu ibarat teman bermain yang mengerti mau kita dan kita mengerti mau dia...
    harus menyatu maennya
    thanks sob infonya seputar cara bermain gitar

    ReplyDelete
  2. taknik bagus....semangattt bos :) heheh

    ReplyDelete
  3. makasih tipsnya, kebetulan sampe sekarang saya belum bisa maen gitar, wkwkwk..

    btw, waw sekarang blog ini udah ada iklan google adsense-nya

    ReplyDelete
  4. One accessory that many pandora beads women consider a necessity is a handbag. In fact there is such a demand for pandora bracelet ladies handbags in the marketplace that the selection just constantly increases. As each new season begins there are pandora bracelets uk dozens of new designs of ladies handbags available. pandora charm bracelet Every woman has her own sense of style and therefore she’ll tend to purchase ladies pandora charms handbags that reflect that. For some women they only buy designer ladies handbags. pandora charms bracelets These particular types of ladies handbags are crafted from the finest materials and pandora jewellery carry the names of some of the most celebrated designers in the world. Designer pandora jewelry ladies handbags are very expensive but many women view them as a fashion pandora uk investment

    ReplyDelete
  5. Photographing jewellery thomas sabo bracelet can be tricky, but with a few concepts and budget below US$500 it is possible to thomas sabo bracelets achieve near-professional look of the photographs. This guide thomas sabo bracelets uk is intended for absolute beginners. Terminology is simplified, and camera thomas sabo bracelet clearanceadjustments are discussed with only jewellery in mind. Strung together innovatively with thomas sabo charm bracelet gold or silver wire, these form great offbeat organic jewelry. Pearls are as versatile as you want to make them, choose pearl jewelry that is thomas sabo charms bracelet crafted to bring out your features and attitude to their discount thomas sabo bracelet best advantage.

    ReplyDelete
  6. makasih tutorialnya tentang belajar gitar

    ReplyDelete
  7. kebetulan lagi nyari berita kayak gini nih.,.

    ReplyDelete

Kalau kamu mau komentar tapi gak punya web, pilh aja bagian "Name/URL" trus di bagian name, tulis nama kamu. Di bagian URL, kamu kosongkan saja. Sebisa mungkin jangan pake anonim, karena bisa saja saya hapus.

Berkomentarlah "Sesuai Dengan Isi Posting". Terima kasih...