6.25.2010

Cara Mudah Membuat Blog di Wordpress.com

Berhubung ada beberapa teman saya yang meminta untuk mengajarkan cara membuat blog di wordpressc.om, okelah saya post aja cara membuat blog di wordpress.com ini. Tapi apa boleh buat karena saya kurang bisa bikin screenshot, saya copy paste cara mudah membuat blog di wordpress.com ini aja ya... Setelah pada artikel2 saya sebelumnya saya sudah membuat tutorial cara membuat blog berplatform blogspot atau belum, mulai saat ini, saya akan membuat beberapa tutorial untuk blog berplatform wordpress.

Sedikit tentang wordpress, WordPress adalah salah satu blog platform yang banyak digunakan saat ini, WordPress memberikan banyak kemudahan dan kebebasan bagi blogger untuk memodifikasi dan menginstal plugins. Mungkin ini yang menjadi salah satu faktor yang membuat blog WordPress banyak disukai oleh para blogger. Apa sebenarnya perbedaan antara WordPress dan Blogspot, dimanakah letak kelebihan dan kekurangan masing-masing platform ini. Untuk mengetahui itu mari kita coba saja membuat blog di WordPress.

Untuk mulai membuat blog di WordPress pertama kita harus mendaftar account di WordPress. Isi saja data-data yang diminta pada form pendaftaran. Yang perlu diingat adalah alamat Email harus valid atau masih aktif dan tentunya bukan email palsu, karena melalui alamat email inilah password kita akan diberikan. Pilihan Gimme a Blog maksudnya adalah : jika kita memilih ini maka nama user yang kita gunakan akan menjadi bagian alamat URL blog kita nantinya.
Contoh jika nama user yang dimasukkan adalah namague maka alamat URL kita nantinya menjadi namague.wordpress.com. Jika kita memilih Just a username, please maksudnya : kita bisa mengkonfigurasi alamat URL blog secara manual nantinya.
Penting : WordPress tidak seperti Blogspot yang memberikan kesempatan bagi kita untuk mengubah alamat URL blog, sekali alamat tersebut dibuat maka kita tidak bisa mengubahnya lagi. Karena itu pikirkanlah baik-baik dalam menentukan alamat URL ini.
Tips : carilah alamat URL blog yang mudah diingat dan sesuai dengan topik dari blog. Klik tombol Next >> jika sudah menetapkan pilihan.


Setelah kita mengklik tombol Next >> WordPress akan mengirimkan nama user dan password untuk login ke email yang kita inputkan sebelumnya. Bukalah email tersebut dan cari yang nama pengirimnya WordPress.com, jika belum ada email tersebut tunggu beberapa saat.
Sambil menunggu kita bisa memasukkan data diri pada form yang ditampilkan selanjutnya, klik tombol Save Profile jika sudah selesai.
Sekarang cek lagi email anda, biasanya email yang dikirim WordPress sudah sampai. Buka dan klik pada link yang diberikan untuk mengaktifkan account yang baru saja dibuat. Maka akan mucul tampilan yang berisi pemberitahuan bahwa account kita sudah diaktifkan.
Sekarang kita sudah bisa login menggunakan nama user dan password yang diberikan. Masukkan nama user dan password, klik tombol Login. Selanjutnya kita akan dibawa menuju halaman depan dari WordPress.
Untuk masuk ke Dashboard carilah menu dropdown yang bertuliskan My Account. Lalu pilih Global Dashboard. Dashboard merupakan panel utama kita untuk mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan blog.

Sekarang kita bisa mulai mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan Blog melalui layar Dasboard ini. Dari sisi tampilan ternyata WordPress memang lebih menyenangkan dan nyaman untuk dilihat. Ini juga yang menjadi salah satu faktor yang membuat WordPress disukai.


Selesailah sudah... Sekarang kita sudah memiliki blog wordpress.com kita sendiri. Demikianlah cara membuat blog di wordpress.com, terima kasih.

Sumber: http://www.belajarngeblog.com/belajar-ngeblog-cara-membuat-blog-di-wordpress dengan beberapa perubahan.

Type your email here for subscribing this blog:

16 comments:

  1. kayaknya saya lebih suka blogger... ntar deh belum nyoba mendalami wordpress..

    ReplyDelete
  2. woerdpress.com ndak ngedukung plugin bro....... yg ngedukung cuman yang .org, hostingan sendiri...

    ReplyDelete
  3. wah mantap selalu berbagi ilmu neh... tp emang mending sekalian belajar yang pake domain sendiri lebih gampang optimasinya

    ReplyDelete
  4. wah infonya keren... makasih bang

    ReplyDelete
  5. sebenarnya buat blog enakan di blogspot, hostingnya terkenal tangguh dan jarang down

    ReplyDelete
  6. info yg bagus sobat, jadi tertarik bikin blog di wp nih

    ReplyDelete
  7. mantab gan infonya, kunjungi juga download ebook gratis

    ReplyDelete
  8. Whenever wandering thomas sabo charms in a very wintry thomas sabo jewellery wonderland totals some sparkle thomas sabo uk to any eyes, and even memories thomas sabo rings of any big day thomas sabo watch to the fields makes a thomas sabo watches grin on your face, or thomas sabo wholesale simply the original thomas sobo bracelets snowflakes of the weather sabo jewellery build someone feel like thomas charm bracelets a baby when, a perfect gift idea is thomas sabo rings correct on you- Snowflake thomas sabo watch earrings. Snowflake thomas sabo watches bracelets, hooks and pendants arrive thomas sabo wholesale lots of types. There may for thomas sobo bracelets certain a single i mean the ideal section for you, above thomas sabo charm all, to one's special someone.New discovery a couple of snowflake rendering it a real ideal bracelets focus?

    ReplyDelete
  9. tipsnya lengkap mas tapi yang menjadi kendala karena nama domainnya gak bisa dirubah seperti blogspot, jadi saya pikir masih keren blogspot mas, maaf berbeda pendapat

    ReplyDelete
  10. hm.. bagusan blogspot gan :D~

    tp klo buat Ngeblok pake domain sendiri enakan Wordpress :D~

    informasinya bagus... dan ok :D

    ReplyDelete
  11. saya baru buat blog sekitar 5 menit yang lalu,, biar ada menu home contact beranda di bagian atas gimana caranya ya? mohon petunjuk dan terimakasih

    ReplyDelete
  12. benar sekali wordpress sangat mudah dalam menggunakannya dan banyak plugins yang bisa dipasang biasanya untuk plugin saya sering mengunjungi Free Wordpress Plugins plugins yang tersedia bagus²

    ReplyDelete

Kalau kamu mau komentar tapi gak punya web, pilh aja bagian "Name/URL" trus di bagian name, tulis nama kamu. Di bagian URL, kamu kosongkan saja. Sebisa mungkin jangan pake anonim, karena bisa saja saya hapus.

Berkomentarlah "Sesuai Dengan Isi Posting". Terima kasih...