8.17.2010

Cara Membuat Wapsite Dengan Tampilan Website Gratis

Apakah yang membuat tampilan situs wap kita bisa tampil seperti web? Sebenarnya, Jawabannya sangat-sangatlah sederhana sekali, tidak perlu pengetahuan khusus untuk bisa merubah tampilan wap sitemu supaya tampil seperti web. Aku sendiri masih baru membuat situs, dan tadinyapun sama sekali tak punya dasar atau latbel khusus tentang web, alias betul2 belajar dari nol.
Kuncinya adalah kembali kepada pengetahun mendasar mengenai situs itu sendiri. Jika diperhatikan, banyak wapper yg sebetulnya adalah "wapmaster", dalam arti paham tentang pembuatan dan design situs namun seringkali melupakan hal yg mendasar padahal sangatlah penting ini. Sebagai perbandingan, pernahkah kita bertanya kenapa di antara penyedia situs wap, tampilannya bisa berbeda? Padahal misalnya, kita memasukan kode yang sama. Lalu kenapa tampilan di ponsel (wap) beda dengan tampilan di PC (web)? Kenapa bisa begitu?
Berdasarkan pengalamanku, ada dua faktor utama yang paling mempengaruhi perbedaan ini. Yaitu pertama, jenis dokumen page yang kita pakai baik itu html, xhtml dan lain-lainnya. Dan kedua, Cascading Stylesheet atau CSS yang kita gunakan.

Jenis Dokumen
Jenis dokumen ini jika diibaratkan adalah seperti halnya jenis kain/ kertas yang kita pakai untuk melukis atau print. Meskipun bahan yang kita gunakan sama, cat ataupun tintanya, bukankah sudah pasti hasilnya akan beda jika kita melukis pada kain kanvas dan kertas karton atau bahkan kertas bekas dus mie??? Demikian pula halnya dengan halaman situs kita.
Sekarang mari perhatikan dan bandingkan beberapa contoh jenis dokumen di bawah ini:
WAP
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//WAPFORUM//DTD XHTML Mobile 1.1//EN" "http://www.openmobilealliance.org/tech/DTD/xhtml-mobile11.dtd"> (jenis dokumen untuk XtGem)
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//WAPFORUM//DTD XHTML Mobile 1.0//EN" "http://www.wapforum.org/DTD/xhtml-mobile10.dtd"> (wzan)
<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN"> (wen ru)
WEB
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd">
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd">
Maka jika kamu ingin WAPmu dengan tampilan WEB maka tentunya kamu harus merubah jenis dokumennya.

Cascading Stylesheet
Apa jadinya situs kita tanpa css. Css merupakan pengaturan tampilan umum dan tata letak bagian-bagian pada halaman site kita. Untuk situs wap, CSS-nya cenderung sangat sederhana. Biasanya, hanya mengatur warna latar, ukuran dan jenis huruf, warna link, dan div styles. Adapun CSS untuk web lebih kompleks dengan adanya pengaturan untuk bagian (div) horizontal / vertical navigation, wrapper, collumn, sidebar, header / footer dan lain-lain. Inilah sebenarnya yang menyebabkan hasil tampilan situs kita lebih menarik seperti halnya website, walaupun situs kita sebenarnya wapsite. Maka jika kamu ingin tampilan sitemu spt web, gunakanlah CSS untuk web. Kamu bisa mencari dan mendownloadnya di sini.

Sebelum mulai membuat halaman, alangkah baiknya kamu mempelajari dulu bagian2 "id" atau pengenal dalam css itu. Tak perlu harus bingung, dan tak perlu pula mempelajari/ paham keseluruhan css itu. Kamu hanya perlu memahami bagian utamanya saja, misalkan bagian menu navigasi utama untuk bagian atas halaman (biasanya horizontal navigation), bagian post content untuk artikel atau info, kemudian bagian sidebar atau vertical navigation untuk menu download/ service kamu dan lain2nya. Setelah itu kamu bisa mulai membuat halaman webmu. Berikut langkah-langkah singkat untuk mulai menyusun halaman web site kamu:

1. Buat file html/xhtml seperti biasa.
2. Pada bagian head, ubahlah jenis dokumen wap kamu dengan jenis dokumen web, kamu bisa menyesuaikannya dengan CSS kamu.
3. Gunakan CSS web yang sudah kamu download tadi, dengan mengupload kembali CSS itu dan gambarnya (jika ada) ke situsmu kemudian buat link stylesheet-nya.
4. Pada bagian body, buatlah menu navigasi utama. Caranya, setelah kamu pahami CSS tadi, kamu perlu memasukan kode "id" untuk menu navigasi utama itu. Misalkan dalam CSS, menu navigasi utama adalah "hornav" atau horizontal navigation maka kodenya adalah <div id="hornav">
5. Kemudian dilanjutkan dengan membuat link menu seperti biasa misal <ul> <li> <a href="/"> Home</a></li> </ul>, dan seterusnya
6. Setelah bagian menu utama selesai, maka dilanjutkan dengan membuat bagian lainnya, misalkan "post-content" untuk info situs ataupun artikel, adapun caranya sama seperti langkah sebelumnya.
7. Demikian pula seterusnya sampai akhir, adapun bagian2nya disesuaikan kebutuhanmu. Tentunya kamupun memiliki selera sendiri untuk design situs sesukamu.

Selain cara di atas kamu jg bisa membuat design tampilan "default" bawaan asli CSS yg kamu download td. Caranya, buka file index.html copy source-nya (text) dan paste di editor situsmu. Selanjutnya hanya tinggal mengganti isinya dengan isi halaman situsmu, lihat contoh. Demikian tutorial singkat membuat tampilan wapsite ala website ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...
Copy dari: http://looperz11.xtgem.com/1web/Wap_ala_WEB

Dan ini adalah cara untuk membuat wap dengan mudah...
Langkah pertama untuk buat wapsite adalah register, silahkan masuk ke http://xtgem.com
Xtgem.com kamu buka via browser standart hp kamu, kalaupun operamini gunakan operamini beta 4, jangan lupa set image nya di hidup kan, setelah xtgem.com terbuka, click link *Register* kamu akan menjumpai halan yg berisi beberapa kotak lengkap dngan pertanyaannya yg kesemuanya harus di isi
1.) Username (Site name) :
Masuk kan nama wapsite yg kamu inginkan, ini akan menjadi bagian nama wapsite kamu nanti, jangan menggunakan simbol, masukan huruf atau angka saja, gunakan huruf kecil.
2.) Domain :
Pilih domain yg kamu inginkan ada, xtgem.com, hexat.com, mw.lt, jw.lt, wapath.com dll, pilih satu yg kamu inginkan.
3.) Pasword :
Masuk kan Pasword atau kata sandi atau kata kunci yg kamu inginkan, sebiknya gunakan huruf kecil, dan dngan kata yg mudah di hafal supaya nanti tidak lupa, jangan gunakan simbol, dan tidak boleh kurang dari 8 huruf.
4.) Repeat password :
Ulangi password, harus sama dngan yg atas kalau tidak akan nungsep, eror, atau gagal.
5.) Enter tex on image :
Masuk kan huruf atau tex yg ada di gambar, yg terletak di atas kotak, harus sama pakai huruf besar semua.
Kalau semua udah di isi dngan benar, kamu click "ok" kalau register kamu berhasil, kamu akan dibawa kehalaman baru disana ada File browser, Templates dll, dan untuk mulai buat wapsite kamu click "file browser".
Copy dari: http://semaugue.hexat.com/Carabuatwapsite

20 comments:

  1. menarik nih kayaknya,,, saya juga punya wapsite nih mas...

    ReplyDelete
  2. Wapsite sendiri aku blom ngerti nih Bang :D

    ReplyDelete
  3. Owhh gtu caranya yach.. btw saya gak pernah nyobain wap :)

    ReplyDelete
  4. wah bahasannya sekarang mulaiberat neh, topiknya sdh menunjukkan admin sdh master

    ReplyDelete
  5. wapsite tampaknya makin menarik ya? kabarnya pengakses internet dari mobile device makin tinggi, jadi peluan wapsite juga ikut meningkat

    ReplyDelete
  6. Masih bingung gan, masih lebih suka bikin blog pribadi.

    ReplyDelete
  7. makasih infonya, harus segera di aplikasikan.

    ReplyDelete
  8. kayaknya mnarik nih sob buat d coba tp saya masih minus kl bikin edit2an htmlnya

    ReplyDelete
  9. to kira2 bisa g yh sob di pasang di blogger

    ReplyDelete
  10. bro.. infonya bagus, tapi mohon pencerahan, jika kita ingin buat link download gimana ya>? thanks before

    ReplyDelete
  11. Can provide protection for the entire dwelling on an all risks basis around the policy limits. thomas charms The policy limit is defined by the policy owner when the insurance coverage is paid for. thomas sabo charm You are able to decide to insure the house and items for either replacement cost or actual cash value. cheap thomas sabo charms The house needs to be insured for replacement cost. cheap thomas sabo charmsReplacement cost is most likely the sum it will take to replace or rebuild the house or repair damages with equipment of identical kind and quality,thomas sabo without the need of deducting for depreciation.

    ReplyDelete
  12. Whenever wandering thomas sabo charms in a very wintry thomas sabo jewellery wonderland totals some sparkle thomas sabo uk to any eyes, and even memories thomas sabo rings of any big day thomas sabo watch to the fields makes a thomas sabo watches grin on your face, or thomas sabo wholesale simply the original thomas sobo bracelets snowflakes of the weather sabo jewellery build someone feel like thomas charm bracelets a baby when, a perfect gift idea is thomas sabo rings correct on you- Snowflake thomas sabo watch earrings. Snowflake thomas sabo watches bracelets, hooks and pendants arrive thomas sabo wholesale lots of types. There may for thomas sobo bracelets certain a single i mean the ideal section for you, above thomas sabo charm all, to one's special someone.New discovery a couple of snowflake rendering it a real ideal bracelets focus?

    ReplyDelete
  13. ini contoh wap saya yang tampilan web, http://sbukie.wap.sh

    ReplyDelete
  14. Waduh gan, ni postingan asli bgt tanpa dirubah lg! Klo mu cantumin sumber, pke linknya dong skalian. Biar rada etis gitu! Kamu jg g mau kan konten asli kamu dijiplak org? Nanti saya cek lg!

    ReplyDelete

Kalau kamu mau komentar tapi gak punya web, pilh aja bagian "Name/URL" trus di bagian name, tulis nama kamu. Di bagian URL, kamu kosongkan saja. Sebisa mungkin jangan pake anonim, karena bisa saja saya hapus.

Berkomentarlah "Sesuai Dengan Isi Posting". Terima kasih...