4.23.2011

Kesabaran Tidak Ada Batasnya

Sering sekali saya mendengar ucapan "kan ada batasnya". Benarkah kita harus membatasi diri dalam bersabar. Apakah kita masih disebut sabar ketika sampai pada batas kesabaran. Saya mencoba untuk memikirkan mengapa ada orang yang membatasi kesabarannya. Bahkan banyak sekali orang yang protes ketika ada yang memintanya bersabar. Seakan sabar adalah hal yang sangat merugikan dirinya. Hal itu terutama terjadi jika ada orang yang berbuat hal-hal yang tidak berkenan dihatinya. Memaafkan. Rasanya hal yang sangat sulit. Padahal Allah menjanjikan surga bagi orang yang memaafkan kesalahan orang lain. Quran:3:133.Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, 3: 134. (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. Bagaimana kita menimbang? Pilih dendam atau surga? Sesungguhnya kita adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah kita kembali.

Sering yang terucap dari orang yang tidak mudah untuk memaafkan orang lain adalah “enaknya”. Seakan ia ingin menghukum orang itu dengan hukuman yang berat. Padahal kenyataannya dia menghukum diri sendiri. Marah-marah tanpa bisa melampiaskan. Bahkan kehilangan rasa malu, karena tabiat buruknya itu dilihat oleh banyak orang. Marah hanya akan merugikan diri sendiri. Memang tidak mudah untuk mengendalikan amarah. Tapi jika kita berpikir bisa maka Allah akan memberi petunjuk untuk menuju ke situ.

Quran:2:153. Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. Saat marah, jika dalam posisi berdiri, maka duduklah, jika dalam posisi duduk berbaringlah, jika tetap saja tidak bisa menahan emosi ambil air wudlu, sholatlah. Jika tetap saja sakit hati, khusyuk dalam sholat. Insya Allah (kecuali jika Allah menghendaki lain) sakit hati pasti akan hilang Quran:2:58. Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang saleh, sesungguhnya akan Kami tempatkan mereka pada tempat-tempat yang tinggi di dalam surga, yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Itulah sebaik-baik pembalasan bagi orang-orang yang beramal, 2:59. (yaitu) yang bersabar dan bertawakkal kepada Tuhannya. Sudahkah kita hanya berserah diri pada Allah atas segala urusan. Sesungguhnya hanya Dia sebaik-baik pemberi balasan.

Bersabar bukan hanya dalam menahan amarah. Namun juga dalam menerima segala apa yang terjadi pada diri kita. Bersabar dalam melaksanakan perintah dan larangan Allah. Bersabar dalam perjuangan. Terus menerus memperjuangkan apa yang menjadi kehendak kita dengan diiringi doa, hingga semaksimal mungkin kita lebih dekat dengan apa yang kita inginkan. Termasuk berjuang untuk mengurangi penderitaan dan menuju kepada kesenangan, kebahagiaan.

Bersabarlah dalam mempertahankan kesabaran. Dan beruntunglah orang-orang yang sabar.
Inilah sumber artikel ini:
Sumber


Type your email here for subscribing this blog:

Jasa Pembuatan Forum

27 comments:

  1. Bersabarlah dalam mempertahankan kesabaran.

    wow,, like this quote :)

    ReplyDelete
  2. betul sekali gan,,

    marahpun ada batasnya,, ok ??

    ReplyDelete
  3. sabar susah atuh,soal'a kadang udah sabar tapi tetap aja ada yang mancing2 jd marah dah

    ReplyDelete
  4. sabar adalah ilmu kehidupan yang sulit di kuasai, tetapi jika ada seseorang yang bisa tentang ilmu bersabar tersebut maka halangan sebesar apapun yang di hadapinya akan terasa mudah . .

    salam kenal gan

    ReplyDelete
  5. kesabaran adalah merupakan jalan yang terbaik dalam menghadapi bebagai masalah dengan sabar insya alloh.segala permasalahan akan tercapai.lam kenal aja.

    ReplyDelete
  6. artikel bagus tentang kesabaran.. kesabaran tapi juga ada batasnya... hehe

    ReplyDelete
  7. sangatlah sulit memaafkan seseorang apalagi luka yang dia buat telah membekas dan tidak bisa hilang,
    tapi jika semua itu bisa dilewati makan keindahan akhirat akan menunggu kita,,
    salam kenal dan sukses selalu,,,
    (^_^)

    ReplyDelete
  8. Semoga kita termasuk orang2 yg di beri kesabaran..

    ReplyDelete
  9. Kesabaran ada batasnya gan,soal'a kalau kesabaran tidak ada batasnya masa kita cuma ngeluh dada doank pas pejabat korupsi,bangun gedung baru dpr,nnton video porno
    kalau kita cuma sabar doank,maka'a bersiaplah hancur'a moral negeri yang kaya ini karena kesabaran

    ReplyDelete
  10. Bersabar itu kualitas malaikat. Sabar itu membedakan orang beriman dan yang tidak.

    Salam kenal dari newbie. Mohon ijin backlink untuk http://caramembuatblog.info , http://obatuntukdiabetes.com ; http://waralaba-murah.com, http://www.pabrikmakanan.com.
    Jika ada waktu silahkan mampir. Terima kasih.

    ReplyDelete
  11. semoga memang kita diberikan kesabaran.. amiin.. salam kenal dan sukses

    ReplyDelete
  12. yapz,, betul banget tuh,, kesabaran tuh gak ada batasnya,,,
    selagi kita berusaha dan berdoa kita harus tetap bersabar,bersabar dan bersabar...!!!

    ReplyDelete
  13. sabar dan sabar yang selalu kita denger dari nasehat orangtua,,,

    ReplyDelete
  14. tentu dengan kesabaranlah kita akan menjadi kuat,,,,

    ReplyDelete
  15. sipp,,,
    semua orang pasti selalu berkata sabar, tapi dalam kenyataannya sabar tuh memang agak sulit juga....

    ReplyDelete
  16. untuk mencapai kesuksesan dunia salah satu nya dengan bersabar

    ReplyDelete
  17. sangat menginsprasi sekali.... kesabaran itu dicintai Allah SWT

    ReplyDelete
  18. sabar itu sulit. tapi saat marah, menyesal terasa lebih sulit..

    ReplyDelete
  19. Allah menjanjikan surga bagi orang yang memaafkan kesalahan orang lain..
    like quote !!

    ReplyDelete
  20. Manajemen emosi menurut saya memegang peranan penting dalam hal ini. Orang yang tidak dapat mengontrol emosi pada tempatnya maka hanya penyesalan yang akan menanti..

    ReplyDelete
  21. dengan bersabar dan ikhlas maka mengendorkan urat-urat syaraf. Coba deh tangkap nyamuk, pasti susah karena gerakan kita lebih lambat. Ulangi hal yang sama tp dengan pikiran kosong: rileks .. rileks .. rileks .. pasti kena! Prinsipnya mirip dengan kungfu, dengan rileks maka gerakan kita lebih ringan. Itulah sebabnya orang sabar lebih mudah tersenyum, lebih easy going ...

    ReplyDelete
  22. sabar sabar gampang di mulut sulit dilakuin

    ReplyDelete

Kalau kamu mau komentar tapi gak punya web, pilh aja bagian "Name/URL" trus di bagian name, tulis nama kamu. Di bagian URL, kamu kosongkan saja. Sebisa mungkin jangan pake anonim, karena bisa saja saya hapus.

Berkomentarlah "Sesuai Dengan Isi Posting". Terima kasih...