12.23.2011

Belajar HTML Dasar

Posting ini dibuat untuk kita belajar. Berhubung di Jurusan Ilmu Perpustakaan terdapat juga mata kuliah TI, jadi kita diharuskan bisa setidaknya menguasai html dasar. Berikut ini adalah pengertian singkat tentang HTML yang diambil dari sini.

HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan bahasa standar untuk membuat suatu dokumen HTML (halaman web) yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu, dimana dengan kode-kode tersebut akan memerintahkan Web browser bagaimana untuk menampilkan halaman Web yang terdiri dari berbagai macam format file seperti texs, grafik, animasi link maupun audio-video.

Sedangkan Web browser adalah sebuah progam yang dapat menterjemahkan kode perintah dari dokumen HTML tersebut sehingga dapat kita lihat, baca dan dengar. Contoh dari Web Browser adalah Internet Exsplorer, Netscape Navigator, Mozilla Firefox, Opera, Safari dll.

HTML mempunyai extention htm atau html. Dimana kedua ekstensi tersebut adalah sama, jadi anda boleh menyimpan file dokumen HTML dengan extention ".htm" atau ".html".

Untuk mulai belajar HTML kita bisa menggunakan Text Editor, Notepad. Di bawah ini adalah contoh suatu dokumen HTML yang sangat sederhana. Buka Notepad, silahkan mulai dengan mengetikkan (copy/paste) teks di bawah ini:

<html>
<head>
<title>Judul Halaman</title>
</head>
<body>
Ini adalah dokumen HTML pertama gua
</body>
</html>


Simpan file tersebut ke C:My Documents dengan nama "websiteku.html." Ketika menyimpan file tersebut dengan Notepad ganti "save as type"-nya dengan "all files". Kemudian buka browser dari menu File, klik Open dan tujukan ke C:My Document\websiteku.html "klik Ok" maka halaman website pertama anda akan ditampilkan.
*Lakukan hal yang sama untuk contoh-contoh selanjutnya.

Perintah didalam dokumen HTML terdiri dari berbagai struktur penyusun seperti tag, elemen, atribut dan nilai. Tag terdiri dari lambang-lambang khusus seperti: " <", " >" dan "/", untuk menuliskannya di dalam dokumen HTML dimulai dengan tag pembuka " <…>"dan diakhiri dengan tag penutup " </…>". Kemudian di dalam tag tersebut terdapat teks seperti contoh diatas :html, head, title,body dan yang lainnya ini disebut dengan Elemen HTML.

Elemen HTML kemudian ada yang memiliki atribut dan nilai tertentu, seperti contoh untuk membuat warna latar belakang (background): <body bgcolor="0000ff">, body merupakan elemen, bgcolor adalah atribut dan 0000ff merupakan nilai (value).

Elemen HTML mempunyai tiga hal penting yaitu: tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai contoh: Elemen html mempunyai tag pembuka " <html>" dan tag penutup " </html>" dan yang berada diantaranya merupakan isi dari elemen html. Untuk menuliskan Elemen HTML bisa menggunakan huruf besar maupun huruf kecil. Contoh: <HTML>, <HtMl>, <HTml>, <html>, semuanya adalah sama, ga ada bahasa alay di sini.

Type your email here for subscribing this blog:

1 comment:

  1. Do you understand there is a 12 word phrase you can tell your partner... that will induce deep feelings of love and instinctual attractiveness for you buried inside his chest?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, look after and protect you with his entire heart...

    ===> 12 Words Who Fuel A Man's Desire Impulse

    This impulse is so built-in to a man's mind that it will make him work better than before to make your relationship as strong as it can be.

    Matter-of-fact, fueling this dominant impulse is so binding to having the best ever relationship with your man that the second you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You will immediately find him expose his heart and soul to you in a way he never experienced before and he will distinguish you as the only woman in the universe who has ever truly appealed to him.

    ReplyDelete

Kalau kamu mau komentar tapi gak punya web, pilh aja bagian "Name/URL" trus di bagian name, tulis nama kamu. Di bagian URL, kamu kosongkan saja. Sebisa mungkin jangan pake anonim, karena bisa saja saya hapus.

Berkomentarlah "Sesuai Dengan Isi Posting". Terima kasih...