11.12.2009

5 Menit untuk Ketahui Risiko Kanker Paru

5 Menit untuk Ketahui Risiko Kanker ParuRangkaian pertanyaan sederhana nyatanya dapat mengindentifikasi orang yang memiliki risiko tinggi kanker paru-paru. Demikian dinyatakan sebuah penelitian.

Studi yang dilakukan sejak tahun 2001 dengan 1.000 partisipan di Colorado awalnya mencaritahu perawatan utama untuk kesehatan secara umum. Partisipan diberikan pertanyaan yang dapat dijawab dalam waktu lima menit yang terdiri mengenai faktor risiko kanker paru termasuk kebiasaan merokok, sejarah keluarga, paparan zat kimia dan lingkungan kerja.

Berdasarkan jawaban yang didapat, sebanyak 430 pastisipan dinilai memiliki risiko tinggi kanker paru. Sekitar 126 partisipan kemudian diminta untuk menjalani tes pernafasan non-infasif yang disebut spirometry.

Diantara pasien itu ditemukan terjadi gangguan saluran pernafasan, kemudian 88 partisipan diharuskan untuk menjalani skrining kanker paru-paru secara menyeluruh.

Lima tahun kemudian, dilaporkan kanker paru-paru dikonfirmasi pada delapan pasien dengan gangguan pernafasan dan 10 pasien tanpa gangguan pernafasan.

"Dibuat dengan sederhana, inisiatif kami mendapat respon dari masyarakat luas termasuk dari para ahli kesehatan, pasien dan rumah sakit," ujar pemimpin penelitian, Dr Thomas Petty dalam sebuah rilis dari International Association for the Study of Lung Cancer.

"Dengan menyediakan panduan berupa pertanyaan yang tepat dari dokter pada pasien secara langsung, kita bisa mulai mengidentifikasi risiko tersebut," tuturnya.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/86739/5_Menit_untuk_Ketahui_Risiko_Kanker_Paru

Hati-hati atas penipuan yang banyak terjadi di internet!!




Bila anda suka dengan artikel saya, silahkan masukkan email anda di kolom bawah:

4 comments:

  1. wah metode yang cepat banget yah
    moga2 saya sehat selalu

    ReplyDelete
  2. ternyata faktor lingkungan bisa jadi penyebab kanker paru2 yah
    ngeri juga nih

    ReplyDelete
  3. BTW sayah udah follow lohh, follow balik yaaa

    ReplyDelete

Kalau kamu mau komentar tapi gak punya web, pilh aja bagian "Name/URL" trus di bagian name, tulis nama kamu. Di bagian URL, kamu kosongkan saja. Sebisa mungkin jangan pake anonim, karena bisa saja saya hapus.

Berkomentarlah "Sesuai Dengan Isi Posting". Terima kasih...