12.28.2009

Redakan Stres dengan Minum Susu

cara meredakan stresSusu tidak hanya bermanfaat secara fisik bagi tubuh. Lebih dari itu, susu juga bermanfaat bagi kondisi psikologis individu. Riset terakhir mencatat, protein yang ditemukan di dalam susu ternyata ampuh untuk meredakan stres.

Protein yang dimaksud yang adalah lactium, yang tampak memiliki efek menenangkan pada tubuh dengan menurunkan tekanan darah dan mengurangi level kortisol dan hormon yang dilepaskan ketika tubuh mengalami stres.

Protein bernama lactium itu merangsang produksi melatonin dalam tubuh. Hormon ini bersifat penenang. Maka, mengkonsumsi susu dapat membantu seseorang jauh lebih tenang. Para peneliti sebenarnya sudah mempelajari kemampuan susu untuk mengusir stres sejak lebih dari 20 tahun lalu.

Penelitian yang dilakukan berangkat dari pengamatan yang sangat sederhana, yaitu bahwa bayi menjadi tenang dan cepat tertidur setelah minum susu. Pertanyaanya, bisakah hal ini diterapkan pada orang dewasa?

Jawabanya adalah bisa. Namun, karena sistem pencernaan manusia dewasa lebih matang, maka perlu meminum susu dalam jumlah besar untuk mendapatkan keuntungan yang sama.

Sebuah perusahaan susu asal Jepang, Nakazawa Foods, pada akhir 2007 lalu berhasil memproduksi susu "premium" yang dijual cukup bikin stres yakni seharga 5,000 yen atau setara dengan 430 ribu rupiah per 900 ml.

Hal yang sama juga dilakukan sebuah perusahaan Perancis, Ingredia Nutritional yang mengembangkan lactium dalam bentuk kapsul. Produk harus dikonsumsi setidaknya satu jam setelah anda mengalami peristiwa yang menimbulkan stres, seperti dimarahi bos atau mengalami kegagalan dalam hidup.

Juru bicara perusahaan yang merilis kapsul tersebut menyatakan bahwa pil ini bukanlah sebuah obat, dan sebaiknya tidak dijadikan antidepresi.

Cermat Memilih

Seperti diketahui, berbagai jenis susu kini beredar di pasaran. Umumnya, susu seperti jenis full cream mengandung 4% lemak dan vitamin A serta D.

Jika Anda tak mau gemuk, pilih susu rendah lemak dengan kandungan lemak hanya 2 %, atau susu skim, kandungan lemaknya kurang dari 1 %. Susu yang diperkaya kalsium biasanya juga telah dikurangi kandungan lemaknya. Cara mengkonsumsinya pun diusahakan dalam kondisi tawar sebab tidak ada tambahan gulanya.

Bagi Anda berusaha keras menjalankan diet bisa mengkonsumsi susu dengan CLA (Conjugated Linoleic Acid). Susu jenis ini membantu pembentukkan otot dan mempercapat pembakaran lemak. Sementara bagi anda yang terhitung pribadi hemat bisa memilih susu kental,

Apabila Anda yang tidak suka susu, konsumsilah makanan hasil olahan susu semisal keju, yogurt, es krim, susu kental, atau susu kedelai. Anda dapat mengkonsumsi 200 gram yogurt atau 200 gram es krim sebagai ganti 3 gelas susu.

Jadi bagi individu dewasa, janganlah kalah dengan si kecil. Karena mengkonsumsi susu secara teratur memberikan manfaat yang tidak sedikit bagi kesehatan fisik dan psikolagis.

Sumber: http://republika.co.id/berita/97409/Redakan_Stres_dengan_Minum_Susu





Bila anda suka dengan artikel saya, silahkan masukkan email anda di kolom bawah:

7 comments:

  1. mas reza ada awrd utuk mas reza silakan diambli ya

    ReplyDelete
  2. wah uenaaak tenan

    selain enak bisa ilangin stress juga ya?

    ReplyDelete
  3. wah.. susu sangat bermanfaat sekali ya

    ReplyDelete
  4. wah inponya bagus bro..
    btw ada ndak yah yang jual susu penghilang stress bikinan lokal?

    kalo ada lumayan neh bisa ngilangin stress akibat website ane ga naek2 SERP nya.. hahahaha

    ReplyDelete
  5. Baru tau klo susu meredakan stress...

    ReplyDelete

Kalau kamu mau komentar tapi gak punya web, pilh aja bagian "Name/URL" trus di bagian name, tulis nama kamu. Di bagian URL, kamu kosongkan saja. Sebisa mungkin jangan pake anonim, karena bisa saja saya hapus.

Berkomentarlah "Sesuai Dengan Isi Posting". Terima kasih...