1.28.2010

Tips Cara Mencuci, Menjemur, Menyetrika, Menyimpan Pakaian

Sebagai seorang pelajar, saya selalu ingin bisa membantu orangtua... Biasanya apa yang disuruh oleh orangtua saya kerjakan, dan juga sedikit-sedikit sih saya inisiatif sendiri. Bisa nyapu sendiri, masak aer, haha... Cuma ada satu aja yang saya paling ga bisa di dunia ini, yaitu.. mencuci pakaian! Hahaha.. Dan akhirnya saya ketemu tips Tips Cara Mencuci, Menjemur, Menyetrika, Menyimpan Pakaian/Baju Agar Awet Tahan Lama, Rapi dan Bagus. Saya akan membagikan tips-tipsnya yang saya dapetin ini.. Semuanya saya copas dengan sedikit perubahan seperlunya.

Membeli pakaian adalah ritual rutin yang harus dilakukan oleh seseorang. Orang akan terpaksa membeli baju, celana, pakaian dalam, kaus kaki, jaket, dsb jika yang lama sudah tidak layak dipakai lagi alias rusak. Jika baju-baju kita yang lama dapat bertahan lebih lama maka kita pun bisa menghemat pengeluaran sandang kita.

Berikut ini situs kesayangan kita akan berbagi tips cara-cara membuat pakaian kita bisa awet bertahan selama mungkin serta mengatasi berbagai permasalahan baju-baju kita. Apabila anda punya tambahan tips silahkan anda berbagi dengan kita-kita melalui komentar di bawah.

A. Tips Mencuci Pakaian / Baju

1. Untuk pakaian yang baru dibeli, baru dikasih orang, baru dapat hadiah, dan sebagainya sebaiknya dalam mencuci kita cuci sendiri tidak digabung dengan pakaian yang lain dan tidak di mesin cuci agar aman dari kasus kelunturan. Jika pencucian pertama dan kedua tidak ada masalah maka kita boleh menggabungkannya dengan pakaian lain untuk pencucian selanjutnya.
2. Pilah-pilah pakaian sebelum mencuci berdasarkan tingkat kekotorannya. Jangan menggabung pakaian yang habis dipakai untuk bermain lumpur atau kain pel dengan baju-baju yang dipakai sehari-hari karena baju yang tadinya bersih bisa terkontaminasi kotoran.
3. Jangan rendam kaos, celana, baju, dan lain-lain yang disablon terlalu lama lebih dari satu jam di dalam larutan deterjen agar tidak rusak.
4. Apabila anda membeli atau mendapat baju bekas / second yang pernah dipakai orang lain maka cuci pakaian tersebut dengan deterjen yang dapat membunuh kuman agar penyakit-penyakit yang menempel di baju-baju tersebut dapat bersih.
5. Pada saat mencuci gunakan perasaan dan jangan emosi. Hati-hati pada saat menyikat pakaian, memeras pakaian, mengucek pakaian, membanting pakaian, dll jangan terlalu keras agar baju-baju tidak cepat rusak dan melar.
6. Bila menginginkan hasil yang lebih baik dan lebih bersih serta lebih yakin maka sebaiknya anda cuci pakaian tersebut secara manual dengan tangan anda sendiri. Mesin cuci yang pada saat mencuci diset tidak sesuai dengan bahan pakaian atau sablon bisa membuat pakaian rusak.
7. Biasanya pada laber pakaian yang terdapat di leher atau bagian pinggang terdapat pesan-pesan dari pabrik mengenai perlakuan yang seharusnya dilakukan pada saat mencuci pakaian tersebut. Ada aturan tentang suhu air, zat kimia untuk mencuci, cara menyetrika, dsb. Pelajari bahan-bahan pakaian dan cara pencuciannya agar tidak salah metode / teknik mencuci.
8. Zat pemutih pakaian yang terlalu kuat dapat menyebabkan sablon mengelupas dan rusak serta membuat bahan pakaiannya menjadi lebih tipis dan kasar.
9. Pakaian jenis tertentu dengan bahan khusus atau mudah rusak sebaiknya cucilah di tempat cuci laundry profesional agar pakaian kita bisa awet selalu.
10. Pada bilasan terakhir kita bisa menggunakan cairan pelembut dan pewangi pakaian untuk hasil pencucian yang terbaik.
11. Jika ada baju kita yang terkena noda makanan atau noda kimia lainnya sebaiknya lekas dibersihkan agar lebih mudah dihilangkan nodanya daripada menunggu yang akhirnya malah sulit dibersihkan.
12. Hati-hati dengan pembersih noda / bleaching karena bisa mengubah warna pakaian anda jadi belang. Tes dulu pada bagian bahan yang tersembunyi sebelum mencoba membersihkannya.

B. Tips Menjemur Pakaian / Baju

1. Untuk bahan seperti kaos yang bisa melar sebaiknya pada saat dijemur jangan digantung dengan hanger agar kerah atau bagian leher tidak melar.
2. Pakaian yang ada sablon / sablonan seperti kaos / t-shirt sebaiknya dijemur setelah baju dibalik. Jadi yang terkena matahari secara langsung adalah baju bagian dalam agar warna baju tidak cepat pudar, kusam dan mbladus.
3. Selain dengan cara menjemur pakaian pada sisi sebaliknya, bisa juga menjemur pakaian dengan posisi miring terhadap cahaya matahari agar tidak terlalu panas.
4. Dalam menjemur pakaian sebaiknya gunakan penjepit baju agar baju kita tidak beterbangan tertiup angin kencang yang dapat membuat baju kembali kotor jika jatuh ke tanah atau lantai yang kotor.

C. Tips Menyeterika Pakaian / Baju

1. Gunakan cairan pelicin pakaian agar hasil setrikaan lebih bagus, tidak kusut dan harum baunya.
2. Untuk kaos dan pakaian lain yang ada sablonan sebaiknya disetrika setelah dibalik di mana yang tersetrika adalah bagian sisi yang lainnya agar sablonan awet tidak ngelotok, rusak atau luntur terkena suhu panas.
3. Setrikalah baju anda sesuai aturan yang tertera pada label pesan perlakuan pakaian yang biasanya ada di bagian leher atau pinggang. Pelajari suhu-suhu yang perlu diset untuk setiap jenis bahan agar tidak salah setrika.
4. Menyetrika pakaian sebaiknya dilakukan ketika pakaian benar-benar kering habis dijemur di terik matahari cukup agar pakaian lebih awet tidak rapuh.

D. Tips Menyimpan Pakaian

1. Simpanlah pakaian anda di tempat yang bersih, kering, tidak berdebu dan tertutup rapat. Bersihkan dulu dengan lap kering atau lap basah jika kotor sekali.
2. Sebelum menyimpan pakaian pada lemari pakaian sebainya anda pastikan terlebih dahulu tingkat kekeringan pakaian tersebut. PAstikan telah kering benar agar tidak menimbulkan bau tidak sedap.
3. Jangan menyimpan pakaian di tempat yang penuh sesak agar mudah diambil jika diperlukan dan tidak membuat pakaian menjadi kusut tidak rapi.
4. Cuci dengan bersih pakaian anda sebelum disimpan dan keluarkan benda-benda yang ada di dalam saku. Pakaian yang kotor atau mengandung makanan bisa mengundang serangga yang akhirnya merusak pakaian kita.
5. Baju anda bisa digantung di hanger agar baju rapi tanpa bekas lipatan. Untuk celana bisa digantung dan bisa juga dilipat untuk menghemat ruangan penyimpanan pakaian.
6. Gunakan kamper dan alat penghilang kelembabab air untuk menjaga pakaian anda tetap terjaga dalam kondisi yang prima dan baik serta menghadang serangga perusak pakaian kita.

E. Tips Tambahan

1. Untuk baju-baju khusus yang mahal atau baju kesayangan kita sebaiknya jangan sering dipakai dan jangan dibawa tidur agar tidak cepat rusak.
2. Untuk pakaian yang digunakan sehari-hari dengan bahan umum dan murah bisa anda cuci di tempat laundry kiloan. Tetapi untuk jenis pakaian khusus yang mahal dengan bahan khusus sebaiknya anda cuci di laundry khusus satuan bukan kiloan agar pakaian anda dicuci dengan cara yang sesuai.

Selesai deh Tips Cara Mencuci, Menjemur, Menyetrika, dan Menyimpan Pakaian ini.. Hehe selamat mencuci, menjemur dan meyetrika pakaian ya...

Sumber: http://organisasi.org/tips-cara-mencuci-menjemur-menyetrika-menyimpan-pakaian-baju-agar-awet-tahan-lama-rapi-bagus





Type your email here for subscribing this blog:

21 comments:

  1. " Jangan menyimpan pakaian di tempat yang penuh sesak agar mudah diambil jika diperlukan dan tidak membuat pakaian menjadi kusut tidak rapi."

    dulu ky gtu tuh saya pas lemari baju masih satu... wkwwkwkwk...

    ReplyDelete
  2. Sip, lengkap banget tipsnya..jadi malu karena suka semabarangan :D

    ReplyDelete
  3. Wah ditel sekali mas...
    Sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Mantap... sayangnya aku gak pernah lagi unt nyuci, jemur, setrika dan simpan pakaian nich mas... ntar aku suruh istriku baca dech... hehehe :)

    ReplyDelete
  5. asik... aku butuh info ini.. soalnya, baju ku sering bau apek gara2 kurang kering trus disimpen..

    ReplyDelete
  6. hahaha, keren tipsnya bro... jadi inget jaman kuliah dulu... kalo kebeneran ada duit lebih ya laundry kiloan hahaha....

    tambah tips dikit, biar ga repot jangan ditumpuk terus baju kotornya, tiap 2 hari sekali cuci baju, jadinya ga makan waktu lama... apa lagi waktu nyetrika.. waduh... siap2 dvd deh, simpen meja setrikanya depan tv...

    ReplyDelete
  7. Jadi inget waktu sekolah dari SD dah cuci baju sendiri hihi

    ReplyDelete
  8. tak tambahi mas untuk tips pertama, jangan mencampur pakaian berwarna-warni dengan pakaian berwarna putih. kalao luntur bisa nulari yang putih :d

    ReplyDelete
  9. gak biasanya posting kegiatan rumah tangga
    nyuci-nyuci baju
    udah alih profesi nih bro
    hihihi *kabur*

    ReplyDelete
  10. Lengkap banget tipsnya...
    Klo saya nyuci biasa aja lho He..he...
    yang penting bersih :D

    ReplyDelete
  11. emmmm... dikau posting ini karena abis beli baju baru terus kelunturan ya....hahahaha *ngaciiirrr*

    ReplyDelete
  12. kalo tanggal muda biasanya ane rajin gan, tapi kalo udah tanggal tua, apalagi dulun suka telat kirimannya, biasanya suka lupa ngerendem kelamaan, kalo orang kost udah tereak2, baru ane sadar ternyata ane punya rendeman..he..

    salam kenal gan dari mbak Oyen

    ReplyDelete
  13. kalo ane biasanya tanggal muda rajin nyuci gan, kalo udah tanggal tua biasanya rada-rada males dan suka lupa kalo udah ngerendem, kalo anak kostan udah tereak2 kayak ada bau bangke, baru ane inget...he...

    salam kenal dari mbak Oyen

    ReplyDelete
  14. cocok neh buat anak kos seperti saya

    ReplyDelete
  15. Hahahaha,.. teringat waktu kuliah dulu,... benar2 ga beraturan, baik nyuci ataupu nyetrika,... Nice Tips,,...

    ReplyDelete
  16. One accessory that many pandora beads women consider a necessity is a handbag. In fact there is such a demand for pandora bracelet ladies handbags in the marketplace that the selection just constantly increases. As each new season begins there are pandora bracelets uk dozens of new designs of ladies handbags available. pandora charm bracelet Every woman has her own sense of style and therefore she’ll tend to purchase ladies pandora charms handbags that reflect that. For some women they only buy designer ladies handbags. pandora charms bracelets These particular types of ladies handbags are crafted from the finest materials and pandora jewellery carry the names of some of the most celebrated designers in the world. Designer pandora jewelry ladies handbags are very expensive but many women view them as a fashion pandora uk investment

    ReplyDelete
  17. As you begin to recognize where to shop and how to look for cheap prices, moncler you will see extra money left over every month.You can check a phone book or the internet for outlet stores in your area. moncler Boutique These are great sources for reduced jewelery and clothing because they may be labels that you like. moncler pas cher Usually a big store will have an outlet that backs up its leftover products. moncler prix In it, you might find some of last years merchandise, moncler soldes or things that needed to be removed from the main store to make space for new items. moncler paris Most people walk out of them feeling great with the savings that they made. moncler polo Every store will have a reduced rack somewhere in it. moncler veste Some stores will keep their rack of clearance items at the front, and other places will store it at the back. When you head into a clothing and accessories store, moncler doudoune you should always look for it. You might find something at one store that would work perfect for an item off the reduced rack at another. moncler homme If you have access to the internet, you can try surfing it for some deals.

    ReplyDelete
  18. mantap tipsnya gan,, lengkap bgt,, kalau aku nyuci biasanya setelah kering jadi bau,, knp y??

    ReplyDelete
  19. Whenever wandering thomas sabo charms in a very wintry thomas sabo jewellery wonderland totals some sparkle thomas sabo uk to any eyes, and even memories thomas sabo rings of any big day thomas sabo watch to the fields makes a thomas sabo watches grin on your face, or thomas sabo wholesale simply the original thomas sobo bracelets snowflakes of the weather sabo jewellery build someone feel like thomas charm bracelets a baby when, a perfect gift idea is thomas sabo rings correct on you- Snowflake thomas sabo watch earrings. Snowflake thomas sabo watches bracelets, hooks and pendants arrive thomas sabo wholesale lots of types. There may for thomas sobo bracelets certain a single i mean the ideal section for you, above thomas sabo charm all, to one's special someone.New discovery a couple of snowflake rendering it a real ideal bracelets focus?

    ReplyDelete
  20. Saya setuju menjemur baju tidak kena matahai langsung. menyeritika baju tertentu yang terlalu kering kadang keras dan sulit untuk halus. yang saya lakukan adalah sebelum baju kering sekali diangkat dan diseterika. setelah itu digantung ditempat terbuka yang tidak kena matahari.

    ReplyDelete

Kalau kamu mau komentar tapi gak punya web, pilh aja bagian "Name/URL" trus di bagian name, tulis nama kamu. Di bagian URL, kamu kosongkan saja. Sebisa mungkin jangan pake anonim, karena bisa saja saya hapus.

Berkomentarlah "Sesuai Dengan Isi Posting". Terima kasih...