12.11.2010

Orang Indonesia, Biasakanlah Membaca

Terkadang kalau saya lihat-lihat situs berita yang menyediakan kolom komentar bagi pembacanya, saya suka kesal sendiri haha.. Karena banyak dari mereka yang tidak membaca sepenuhnya artikel berita tersebut, dan langsung memberikan komentar. Tidak jarang komentar tersebut sangat bertolak belakang dengan isi artikel yang disuguhkan bahkan terkesan menjelek-jelekkan. Anda bisa lihat apa yang membuat saya menjadi gak enak hati dan terkesan sebel di artikel kompas berjudul Habib Salim: Itu FPI Mana?.


JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Front Pembela Islam DKI Jakarta Habib Salim Alatas mengaku belum mendengar rencana pencekalan terhadap Jenifer Kurniawan, pacar bintang baru tim nasional Indonesia. "Enggak ada, saya belum dengar FPI mau mencekal. Itu FPI mana, DPC atau DPD? Tapi, setahu saya tidak ada kabar tersebut," tegasnya, Kamis (9/12/2010) malam.

Seperti diberitakan, di dunia maya beredar kabar bahwa Jennifer Kurniawan "ditolak" masuk ke Tanah Air. Ancaman itu konon datang dari FPI. Kemungkinan boikot terhadap Jennifer (23) itu sudah ramai di Twitter. Alasan pencekalan muncul setelah foto hot blasteran Indonesia-Jerman itu beredar luas di dunia maya.

Jennifer merupakan model pakaian dalam di Jerman. Pose-pose hot yang memamerkan kemolekan tubuhnya beredar luas di internet. Di jejaring sosial Twitter pembahasan mengenai rencana FPI mencekal pacar Irfan itu jika datang ke Indonesia pada 22 Desember 2010 ramai.

Setelah ditelusuri, berita FPI akan mencekal Jennifer itu dikeluarkan sebuah blog. Bahkan saat ini blog itu sudah tak bisa diakses. Beberapa pengguna Twitter menyatakan berita pencekalan itu adalah hoax atau kabar bohong.

Sementara itu, PSSI meminta semua pihak untuk tidak mencari-cari perkara ketika tim "Merah Putih" tengah berjuang menggondol trofi AFF Suzuki Cup 2010. Tim Merah Putih justru sangat butuh dukungan agar motivasi yang tengah meningkat saat ini makin tinggi. (VIN/EKO)

Di situ dengan jelas tidak disebutkan bahwa FPI melakukan pencekalan terhadap pacar irfan bachdim, tetapi komentarnya hampir semua menjelek-jelekkan dan bahkan menghina FPI. Yah mungkin juga namanya media, paling senang membuat berita yang bikin orang marah atau kadang memfitnah individu atau organisasi. Mungkin bagi mereka "Bad news is Good news", atau "Amarah adalah komoditi yang menjual". Dan terlihat sekali, komentator di sana sangat terpengaruh dan tidak menggunakan akal. Bahkan komentar saya tidak di-approve oleh mereka, hanya komentar yang menghina bahkan menjelek-jelekkan FPI yang mereka tampilkan.


Saran saya, bacalah terlebih dahulu artikel tersebut sampai tuntas, apalagi bila informasi yang diberikan tersebut menyangkut tentang sebuah organisasi yang bisa menimbulkan sebuah masalah baru nantinya. Dan jangan lupa, berkomentarlah dengan bijak.

Type your email here for subscribing this blog:

9 comments:

  1. khan orang Indonesia sekarang sedang terkena demam Kaskus. Mereka suka ngejunk hanya untuk mengejar ISO... hehe

    Semoga aja orang2 semacam ini segera sadar dan memberikan komentar2 berkualitas.

    ReplyDelete
  2. @gilang, wkwkwkw iya nih pada ngejunk aja sih

    ReplyDelete
  3. Itu mah hal biasa. Dalam dunia blog juga kan?...
    Akibat sering skimming dan scanning bacaan sih, tanpa tahu persis pesan yang ada di dalamnya...

    Salam BURUNG HANTU... Cuit... Cuit... Cuit...

    ReplyDelete
  4. Orang-orang yang tidak memahami konsep "tabayyun" memang seperti itu. Mereka akhirnya seringkali terjebak bahkan celaka karena "kebodohannya" itu :D

    ReplyDelete
  5. itu memang kebiasaan orang malas baca tapi mau tersohor gan... orang kaya' gito harus diprivate baca artikel, baca isu dan baca2 lainnya..

    Betl g tu?

    ReplyDelete
  6. seperti kata mas, media informasi sll mencari info yang bs dijadikan polemik, soalnya ntr kan banyak yg berkunjung dan berkomentar :D

    ReplyDelete
  7. Membaca memang sangat banyak manfaatnya.
    Tahukah anda? Membaca apa saja diibaratkan mengasah pisau. jadi semakin sering membaca, otak anda akan semakin baik.

    ReplyDelete
  8. kalo sudah bicara dunia maya kadang memang tidak bisa dibendung. berita yang sedikit bisa jadi besar di dumay (dunia maya) diharapkan pengguna lebih bijak aja. terutama di forum forum jangan sampe komen kita bikin panas sesuatu yang ga seharusnya dipanasin

    ReplyDelete
  9. Klo ada waktu silahkan mampir.. Ane jamin ga bakalan rugi http://nofianto777.blogspot.com/

    ReplyDelete

Kalau kamu mau komentar tapi gak punya web, pilh aja bagian "Name/URL" trus di bagian name, tulis nama kamu. Di bagian URL, kamu kosongkan saja. Sebisa mungkin jangan pake anonim, karena bisa saja saya hapus.

Berkomentarlah "Sesuai Dengan Isi Posting". Terima kasih...