5.18.2009

Kemiri Atasi Gangguan Cerna

Salah satu dari sekian banyak rempah yang berkhasiat yang dapat ditemukan di Indonesia adalah kemiri atau Aleurites Mollucana. Selain bisa menjadi bumbu masak, kemiri yang termasuk dalam suku Euphorbiaceae dappat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti buang air besar berdarah dan diare.

Rempah dikenal masyarakat barat dengan sebutan candleberry, Indian Walnut dan Cadlenut, sekarang sudah tersebar luas di daerah-daerah tropis. Tinggi tanaman mencapai sekitar 15-25 meter. Daunnya berwarna hijau pucat. Kacangnya memiliki diameter sekitar 4–6 cm. Biji yang terdapat di dalamnya memiliki lapisan pelindung yang sangat keras dan mengandung minyak yang cukup banyak, yang memungkinkan untuk digunakan sebagai lilin.
Pada saat Anda menderita buang air besar berdarah dan disentri, gunakan 20 gram kulit batang kemiri dengan direbus dengan 400 cc air. Kemiri direbus hingga volume air menurun menjadi 200 cc.Kemudian minum hangat-hangat.

Bagi yang terkena diare, caranya cukup mudah, gunakan 20 gram kulit batang kemiri segar. Lalu, tumbuk kemudian direbus dengan 600 cc air. Kulit batang direbus hingga volume air berkurang menjadi 300 c, saring dan air dimimun 2 kali sehari dengan takaran 150 cc. Teruskan hingga diare sembuh benar.

Untuk mengatasi sembelit, gunakan 1 buah kemiri, ditambah 2 siung bawah merah, 30 gram daun urang aring, 10 gram kayu manis, 5 gram pulosari, 6 gram adas, dan setengah sendok teh garam. Semua bahan dihaluskan dan direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Saring dan airnya diminum 2 kali sehari. Setiap kali minum 200 cc.

Kemiri juga berkhasiat bagi masalah kerontokan rambut. Caranya, dengan menggunakan 6 buah biji kemiri. Tumbuk halus dan tambahkan air secukupnya dan dimasak hingga mengeluarkan minyak. Lantas, gosok minyak tersebut pada kulit kepala dan rambut hingga merata. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air. Lakukan maksimal 3 kali seminggu.

Untuk penderita sakit gigi, kemiri juga bisa menjadi alternatif pengobatan. Gunakan 3 tetes getah daun kemiri kebagian yang sakit. Lakukan sebanyak tiga kali seminggu.

Selain itu, penderita bisul juga bisa memanfaatkan kemiri, dengan menggunakan 10 lembar daun pukul empat, ditambah 15 lembar daun kangkun dihaluskan, tambahkan minyak kemiri dan mniyak kelapa. Aduk hingga rata kemudian oleskan pada bisul dan lakukan dua kali sehari.

Kemiri juga bisa meredakan demam pada anak dengan menggunakan kemiri secukupnya, lalu berikan 15 gram akan pulutan dan direbus dengan air secukupnya. Rebus hingga mendidih lalu minum ramuan selagi hangat.

Ada baiknya jika Anda menyediakan kemiri lebih banyak di rumah untuk membantu mengatasi berbagai gangguan penyakit. Selamat mencoba.
Dari: http://republika.co.id/berita/50046/Kemiri_Atasi_Gangguan_Cerna


Bila anda suka dengan artikel saya, silahkan masukkan email anda di kolom bawah:

Delivered by FeedBurner

6 comments:

  1. yangt untuk sakit gigi, itu daunnya ya, kalo buah kemirinya bisa ga?

    ReplyDelete
  2. masih inget dulu wktu sd klas 1, ibu saya sering membakar kmiri ampir angus gitu trus di tumbuk, kmudian sejam sblum mandi beliau rutin mengoleskan tumbukan kemiri tersebut ke rambut saya, hasilnya rambut saia ampe skarang hitam legam, salam kenal di tunggu komen baleknya

    ReplyDelete
  3. Wah mantab nih tipsnya.. mohon ijin mau disimpen artikelnya

    ReplyDelete
  4. Info yg sangat berguna nih. Ijin save page as ya bro buat referensi...

    ReplyDelete
  5. Wah sip nih infonya, sangat bermanfaat. Dari pada konsumsi obat modern yang justru malahan menimbulkan efek samping kan mendingan pake obat dari alam...

    ReplyDelete
  6. Ass..artikel yang berguna..bagi semua nya..lanjutkan u/ saling berbagi pengalaman n ilmu nya..ok

    ReplyDelete

Kalau kamu mau komentar tapi gak punya web, pilh aja bagian "Name/URL" trus di bagian name, tulis nama kamu. Di bagian URL, kamu kosongkan saja. Sebisa mungkin jangan pake anonim, karena bisa saja saya hapus.

Berkomentarlah "Sesuai Dengan Isi Posting". Terima kasih...