5.21.2010

Ragam Manfaat Jahe sebagai Pereda Nyeri

Jangan remehkan manfaat rempah-rempah yang satu ini. Konsumsi jahe diyakini dapat meringankan rasa sakit pada otot karena olahraga berlebihan, demikian diungkap peneliti.

Jahe secukupnya setiap hari dapat mengurangi rasa sakit dari olahraga bahkan berkebun dan pekerjaan rumah yang melelahkan.

Selama ratusan tahun, akar jahe telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit ringan seperti flu atau perut kembung.

Dan para ahli telah lama mengenalnya sebagai obat pereda nyeri. Namun, penelitian terbaru menunjukkan, jahe sangat bagus sebagai pereda sakit otot.

Pemimpin peneliti dari University of Georgia, Profesor Patrick O'Connor mengatakan, jahe sebahai sesuatu yang benar-benar dapat menghilangkan sakit otot yang dapat diterima oleh banyak orang yang mengalaminya.

Jahe juga dikenal sebagai obat anti-radang pada binatang percobaan, namun efeknya sebagai pereda nyeri otot pada manusia belum pernah diteliti dengan seksama.

Jahe juga dikenal mengandung zat kimia yang bekerja hampir sama dengan obat anti-radang non-steroid seperti ibuprofen dan aspirin.

Profesor O'Connor melakukan dua penelitian dengan masing-masing 34 dan 40 partisipan yang mengonsumsi kapsul berisi dua gram dengan kandungan berbeda selama 11 hari.. Satu kelompok diminta mengonsumsi kapsul berisi jahe yang sudah dipanaskan sementara kelompok lain diminta mengonsumsi kapsul kosong.

Pada hari ke-8, partisipan diuji untuk mengangkat beban untuk mengukur cedera otot sedang pada lengan termasuk fungsi, peradangan dan rasa nyeri sebelum berlatih dan tiga hari kemudian. Tingkat dari kandungan kimia dalam tubuh juga diukur sebelum dan setelah berlatih.

Penelitian membuktikan, asupan jahe setiap hari mengurangi nyeri akibat latihan olahraga sekitar 25 persen. Sementara itu, menghangatkan jahe tersebut sebelum dikonsumsi tidak memiliki efek signifikan.

http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/10/05/21/116565-ragam-manfaat-jahe-sebagai-pereda-nyeri

Type your email here for subscribing this blog:

16 comments:

  1. Wah ternyata jahe berkasiat bgt ya, kl saya sih buat melegakan tenggorokan.. :)

    ReplyDelete
  2. Ada pertanyaan Mas, "Katanya bagi penderita rematik, jahe malah bisa memperparah keadaan. bener nggak tuh?"

    Makasih Mas Reza

    ReplyDelete
  3. memang jahe dari dulu banyak banget manfaat nya..saya sering minum mwedang jahe..anget enak dibadan

    ReplyDelete
  4. Khasiatnya juga manjur sebagai penghangat badan.

    ReplyDelete
  5. Wahh . . . . sip juga ,bis dijajal nanti deh

    ReplyDelete
  6. Saya biasanya minum jahe serbuk, bahkan hampir setiap hari, enak rasanya.

    ReplyDelete
  7. duh sayang saya gak suka jaeh :)

    ReplyDelete
  8. Makasi infonya Mas Reza. Memang manfaat rempah-repah negeri kita sangat banyak. Salah satunya manfaat dari jahe seperti yang Mas Reza uraikan. Salam!

    ReplyDelete
  9. info yang bermanfaat mas...

    ReplyDelete
  10. Ternyata Jahe banyak juga manfaatnya bagi kita. Sangat enak, dikala dingin dan musim hujan begini, kita minum Jahe hangat. Bila bepergian kami suka mengkonsumsi kopi yang dicampur jahe. Segar dan nikmat sekali! Trims sharingnya.

    ReplyDelete
  11. jahe emang sangat berguna.. fungsi paling sip ya itu, obat anti masuk angin

    ReplyDelete
  12. yang alami memang lebih baik untuk kesehatan,...

    ReplyDelete
  13. Bukannya lebih enak diseduh saja :) Kalau saya masih suka mengonsumsi habatus sauda dalam bentuk kapsul ...

    ReplyDelete
  14. jahe emg minuman tradisional alami yang bikin tubuh kita hangat dan badan trasa enak,,,

    ReplyDelete

Kalau kamu mau komentar tapi gak punya web, pilh aja bagian "Name/URL" trus di bagian name, tulis nama kamu. Di bagian URL, kamu kosongkan saja. Sebisa mungkin jangan pake anonim, karena bisa saja saya hapus.

Berkomentarlah "Sesuai Dengan Isi Posting". Terima kasih...